Cara pasang alarm x case pada yamaha mio 2007

EXPLORE INHU - Jumpa lagi sobatku, kali ini admin akan membuat artikel tentang cara pasang alarm x case pada yamaha mio 2007.

Alarm x-case adalah suatu alat yang berfungsi untuk mengamankan sepeda motor secara elektronika, alarm ini menggunakan daya baterai motor yaitu 12 volt DC untuk ampere sendiri sangat kecil sekali hitungan mili ampere terkadang orang bilang pemasangan alarm motor pada alarm ini membuat baterai motor katanya cepat habis padahal tidak.

Kalau semisalnya motor Anda dipakai setiap hari otomatis baterai motor terisi secara otomatis, terkecuali kalau motor Anda tidak dipakai berbulan-bulan itu wajar baterai akan habis karena alarm motor ini selalu mengkonsumsi daya baterai, kalau memang alarm tidak dipakai silakan dicabut saja soket alarm tanpa melepas kabel satu demi satu.

harga alarm motor x case dibanderol dengan harga Rp175.000 pada tahun 2016, alarm ini bisa kalian dapatkan di toko online seperti bukalapak.com, Tokopedia, shopee dan toko online lainnya.

Apa sih yang kita dapat pada pembelian alarm motor x case?...
yang kita dapat adalah 1 buah modul alarm, 1 buah speaker, 1 buah kabel penyambungan, double tape, 2 buah remote alarm, beserta baterainya yang sudah terinstal di dalam remote tersebut dan yang paling utama adalah manual book.

Untuk instalasi pada motor Anda terkadang manual book alarm motor bawaan pabrik ini sangat sulit dipahami oleh rekan-rekan yang awam untuk melakukan pemasangan alarm motor karena bahasa di dalamnya itu mengandung bahasa Inggris sehingga sulit dipahami skema yang ada di dalamnya juga terkadang tidak cocok dipasang pada motor terbaru.

Fitur yang dimiliki alarm x case 


untuk alarm x case sendiri mempunyai fitur yang sangat lengkap.

Yang pertama adalah anti bobol artinya dalam anti botol ini motor anda bebas dari pencurian menggunakan kunci leter t, sehingga ketika pencuri ingin merusak kunci kontak anda maka alarm ini akan berbunyi dan mesin akan terproteksi sehingga mesin tidak akan bisa untuk hidup.

Yang kedua adalah anti gondol arti anti godol adalah motor Anda tidak akan bisa diambil orang dengan cara dituntun  dan dimasukkan ke dalam kendaraan seperti truk dan lain-lain.

Ketika alarm ini diaktifkan dan motor mendapat Getaran yang sangat mencurigakan maka alarm akan berbunyi sehingga pencuri tidak akan memegang kendaraan Anda lagi, sehingga untuk pencurian kendaraan dibatalkan oleh pencuri.

Yang ketiga adalah fitur menghidupkan mesin dari remote, kali ini fitur dari alarm ini bisa menghidupkan mesin motor Anda dari remote, dengan cara tanpa kunci kontak, jadi hanya menggunakan remote alarm, mesin motor Anda bisa dinyalakan dengan menekan tombol starter dua kali pada remote.

Yang keempat adalah fitur mematikan mesin dari remote kali ini yang paling penting, ketika kendaraan Anda dirampas di jalan sepi, Anda jangan khawatir.
Kunci dan remote Jangan dijadikan satu, untuk kuncinya sendiri bisa melekat pada kendaraan anda dan remotenya bisa Anda saku.

Pada saat Anda dirampas kasihkan saja motornya serta kuncinya jangan melawan kalau perampas membawa senjata berbahaya untuk remotenya Anda bawa ketika jarak 50 meter sampai 100 meter Anda bisa menekan tombol pada remote yaitu tombol kunci tutup, untuk mengaktifkan alarm seketika itu mesin akan mati dan alarm akan berbunyi terus menerus sebelum anda menombol alarm gambar gembok tertutup motor tersebut tidak akan bisa hidup.

Untuk fitur yang terakhir ini adalah fitur mencari kendaraan di parkiran luas anda bisa memanfaatkan fitur ini dengan menekan tombol lonceng yang ada pada remote. Ketika anda menekan tombol lonceng pada remote maka alarm yang terpasang pada motor Anda akan berbunyi dan lampu sein kanan dan kiri akan berkedip-kedip mengikuti bunyi alarm, ketika motor Anda sudah ditemukan di parkiran maka anda bisa mematikan dengan menekan tombol gambar gembok terbuka pada remote.

Oke menurut saya cukup itu saja fitur-fitur yang ada pada alarm merk x-case

Persyaratan dalam Pemasangan alarm motor x-case pada Yamaha mio

Jika Anda mau Memasang alarm pada Yamaha Mio alarm x case ini ada beberapa kabel yang tidak cocok untuk dipasang pada kabel motor sehingga Anda harus modifikasi kabel alarm ini menggunakan 1 buah relay dan 1 buah diode, relay yang digunakan adalah relay jenis NC bertegangan 12 volt, biasa terkenal di kalangan masyarakat itu nama relaynya adalah relay 5 kaki.

Untuk spesifikasi dioda kalian bisa memakai dioda Tunggal dengan kapasitas 1 ampere. Untuk pemasangan relay ini bisa kalian manfaatkan untuk Yamaha Mio jenis Yamaha Mio M3, Yamaha Mio S, Yamaha Mio Z, Yamaha Mio GT, Yamaha Mio J, Yamaha Mio Soul dan lain-lain.

Cara pasang alarm x case pada yamaha mio 2007 


sebelum melakukan pemasangan persiapkan dulu alat-alat yang perlu dipersiapkan seperti obeng, tang potong, isolasi dan bahan-bahan yang akan dipasang seperti alarm motor selanjutnya lepas cover motor yang perlu saja menggunakan obeng atau kunci sesuai dengan jenis motor.

Jika sudah terlepas cover motor Anda, silakan Anda melepas Kabel positif dari baterai motor tujuannya adalah menghindari terjadinya hubung singkat kelistrikan pada kelistrikan motor yang menyebabkan sekring Anda putus.

Selanjutnya letakkan modul alarm dan speaker pada tempat yang aman jika speaker dan modul sudah ditempatkan aman.
Segera lakukan pengikatan pada modul alarm menggunakan kabel ties atau sejenisnya yang kuat sehingga ketika ada getaran doble tape yang tertempel pada modul tersebut tidak akan lepas.

Penyambungan kabel alarm pada kabel motor : 


berikut ini adalah cara penyambungan 8 kabel alarm pada motor yamaha mio 2007

1. Penyambungan kabel warna hitam Alarm X-Case

penyambungan kabel alarm warna hitam silakan kabel alarm warna hitam ini Anda sambungkan pada baut body motor Anda atau bisa langsung ke Baterai negative motor.

2. Penyambungan kabel warna merah Alarm X-Case
penyambungan kabel alarm warna merah kabel warna merah ini bisa Anda sambungkan pada aki positif atau pada kabel kunci kontak yang dari baterai motor pilih yang paling dekat.

3. Penyambungan kabel warna orange Alarm X-Case

penyambungan kabel alarm warna orange silakan kabel warna orange ini Anda sambungkan pada kabel warna coklat yaitu pada kabel kunci kontak motor yang ada di soket kunci kontak motor Anda atau bisa pilih di soket-soket terdekat dengan modul alarm.

4. Penyambungan kabel warna biru Alarm X-Case

penyambungan kabel alarm warna biru, kabel alarm warna biru ini adalah kabel stater dari modul alarm silakan Anda sambungkan pada kabel starter pada motor Anda Namun untuk Yamaha Mio ini tidak cocok  karena starter dari motor Yamaha Mio ini adalah memakai arus negatif sehingga perlu penambahan relay pada kabel alarm motor sehingga output dari alarm motor bisa menjadi arus negatif. Anda bisa menambahkan rangkaian relay, silakan lihat pada halaman Merangkai Relay Stater Pada Yamaha Mio 2007

5. Penyambungan kabel warna Abu-abu Alarm X-Case

Yang ke-5 adalah penyambungan kabel alarm warna abu-abu kabel ini adalah kabel Cut engine, silakan Anda menyambungkan kabel abu-abu ini pada kabel motor yaitu kabel pulser warna kabel pulser Yamaha Mio ini berwarna putih garis merah letak kabel pulser ini ada di bawah bagasi samping kanan dan kabel ini 1 soket dengan kabel warna putih garis biru.

6. Penyambungan kabel warna Pink Alarm X-Case

Yang ke-6 adalah penyambungan kabel warna pink, untuk kabel pink sendiri Ini adalah kabel Cut engine juga namun jika Anda sudah memakai kabel abu-abu sebagai Cut engine maka kabel warna pink ini tidak perlu disambung pada pemasangan alarm pada Yamaha Mio.


7. Penyambungan kabel warna Kuning Alarm X-Case


Yang ke-7 penyambungan kabel alarm warna kuning kabel warna kuning yang ada pada alarm x case memiliki jumlah kabel kuning berjumlah 2 kabel, kabel ini bermuatan positif (+), jika alarm ini berbunyi maka kedua kabel ini akan mengeluarkan tegangan 12 volt dc positif (+).
Untuk penyambungan pada Yamaha Mio sendiri kalian bisa menyambungkan kedua kabel ini pada kabel lampu sein kanan dan kiri Yamaha Mio.

Kabel ini ada dua salah satu bisa Anda sambungkan pada kabel sein kanan bisa diposisi belakang atau depan, yaitu warna kabelnya coklat tua untuk kabel kuning satunya bisa Anda sambungkan pada kabel sein bisa belakang atau depan yaitu warna kabelnya adalah kabel hijau tua. Ingat untuk pemasangan kabel kuning ini jangan sampai salah sambung ke kabel negatif (-) agar sekring anda tidak putus.

8. Pengujian alarm motor x case yang sudah terpasang pada Yamaha Mio 2007

dalam pengujian alarm merk x case ini ada empat tahapan, karena tombol yang ada di remote merk alarm x case sini memiliki 4 tombol yang pertama adalah tombol Lock bergambar gembok tertutup tombol itu berfungsi untuk mengunci atau mengaktifkan alarm ketika motor diparkir, alarm akan berbunyi jika kunci dibobol atau mendapat getaran, tekan tombol unlock untuk Mematikan alarm yang sedang berbunyi.

Yang kedua adalah tombol unlock tombol ini bergambar kunci terbuka fungsi dari tombol ini untuk mematikan alarm ketika alarm berbunyi atau berfungsi mematikan mesin ketika mesin telah dihidupkan dari remote.

Yang ketiga adalah tombol petir tombol petir ini bergambar listrik, tombol ini berfungsi untuk menghidupkan mesin dari dengan cara dekat atau jarak jauh maksimal 100 meter tanpa halangan, bagaimana caranya dengan menggunakan remote? Posisi standar motornya harus standar tengah agar aman lalu tekan tombol starter pada remote dua kali dengan cepat dengan syarat kunci motor harus posisi off atau terlepas dari kunci kontak, jika mesin sudah hidup lalu  untuk mematikannya kalian bisa mematikan dengan tombol kunci terbuka pada remote maka mesin akan mati.

Yang keempat adalah tombol lonceng tombol ini digambarkan dengan simbol lonceng tombol ini berfungsi untuk mencari kendaraan di parkiran luas semisalnya parkiran Mall. Anda bisa menekan tombol lonceng satu kali sehingga motor Anda akan berbunyi alarmnya disertai dengan nyalanya lampu sein kanan dan kiri, jika motor Anda sudah anda ketahui maka anda bisa mematikan alarm nya dengan menekan tombol kunci buka pada alarm remote.

Demikian artikel tentang Cara pasang alarm x case pada yamaha mio 2007 semoga bermanfaat bagi teman-teman semua, jika ada kritik atau saran silakan tulis di kolom komentar. Terimakasih

0 komentar

Posting Komentar