Cara Pasang Alarm Motor V12 pada Honda Vario 150 injeksi



EXPLORE INHU - Jumpa lagi sobatku, pada kesempatan kali ini admin akan membuat artikel tentang cara pasang alarm motor v12 pada honda vario 150 injeksi.

Honda Vario 150 FI Kendaraan ini adalah Kendaraan yang sangat laris dipasaran, harga sangat terjangkau dengan kwalitas mesin yang handal.

Mengikuti perkembangan waktu, kendaraan-kendaraan saat ini sudah dilengkapi pengaman yaitu system keyless.

Bagi sobat blogger yang ingin upgrade kendaraannya dan ingin dilengkapi pengaman anti maling, silakan simak postingan saya kali ini.

Jika Sobat Blogger mau Memasang Alarm BHT, Alarm vinyx, Alarm MP One Way, Alarm Mp Two Way, Alarm Panastar, Alarm Panom, Alarm Wm, Alarm V12, Alarm V12 dan merk terbaru lainya pada Honda Vario 150 FI. Yang perlu Sobat Blogger siapkan adalah alat dan bahan.

Alat seperti obeng kunci terus kabel atau gunting untuk bahan-bahan sendiri modul alarm Kendaraan satu set terus Solder listrik isolasi dan lain-lain.

Perlu diketahui bahwa alarm Kendaraan mempunyai dua kabel yaitu kabel speaker, satu kabel pendek yaitu kabel antena, delapan kabel yaitu kabel yang perlu disambung pada kabel Kendaraan, delapan buah Kabel ini meliputi warna merah, hitam, orange, biru, pink, abu-abu dan dua kabel kuning, delapan kabel ini masing-masing mempunyai fungsi yang berbeda-beda.

Fungsi dari masing-masing kabel adalah : merah dan hitam ini adalah kabel power supply positif & negatif, kabel orange berfungsi sebagai sensor, kabel biru sebagai starter, pink dan abu-abu sebagai cut engine, kuning sebagai sinyal lampu.

Cara Pasang Alarm Motor V12 pada Honda Vario 150 injeksi 


kali ini saya contohkan pemasangan alarm merk V12 langkah-langkah penyambungannya, lepas dulu cover Kendaraan Sobat Blogger untuk mempermudah penyambungan kabel alarm pada kabel Kendaraan Honda Vario 150 FI.

Yang pertama lepas bagian cover yang memungkinkan kita untuk menyambung kabel pada Honda Vario 150 FI.

Contohnya di area depan Sampai bawah, terus lepas Accu Kendaraan terlebih dahulu, selama penyambungan kabel alarm pada Kendaraan agar tidak terjadi konsleting yang menyebabkan sekring putus.

Nanti seusai penyambungan kabel dan kabel sudah di isolasi selanjutnya Accu bisa dipasang kembali.

Penyambungan Kabel Alarm V12 pada Kendaraan Honda Vario 150 FI : 


1. Penyambungan Kabel Merah Alarm V12

Sambungkan kabel alarm V12 warna merah, pada merah garis putih Honda Vario 150 FI pada soket kunci kontak atau pada terminal accu positif, kabel ini sebagai power supply positif. Jangan sampai kabel alarm warna hitam alarm V12 ini tidak tersambung, jika tidak tersambung maka alarm V12 tidak akan berfungsi.

2. Penyambungan Kabel Hitam Alarm V12

Sambungkan kabel alarm V12 pada kabel terminal accu negative atau bisa juga pada Kabel hijau polos Honda Vario 150 FI. kabel ini juga sebagai supply module alarm V12. Jangan sampai kabel alarm V12 warna hitam alarm V12 ini tidak tersambung, jika tidak tersambung maka alarm V12 tidak akan berfungsi.

3. Penyambungan Kabel Orange Alarm V12

Penyambungan kabel alarm V12 warna orange, kabel orange ini berfungsi untuk sensor ketika kunci Kendaraan di bobol oleh pencuri.

Sobat Blogger bisa menyambungkannya pada kabel output kunci Honda Vario 1250 FI , Kabel Output kontak Honda Vario 150 FI warna hitam garis putih dan dicabangkan lagi dengan kabel hitam polos pada soket kunci kontak Honda Vario 150 FI, kabel Alarm V12 orange ini harus tersambung dengan kedua kabel output kontak Honda Vario 150 FI yaitu warna hitam garis putih dan hitam polos (di Jumper).

Untuk saat ini Spido dan Pompa Bisa hidup ketika ditombol Stater 2x pada remote.

4. Penyambungan Kabel Biru Alarm V12

Penyambungan kabel Alarm V12 warna biru, kabel warna biru Alarm V12 ini berfungsi untuk starter mesin.

Sobat Blogger bisa menyambungkan dengan kabel Kendaraan Honda Vario 150 FI yaitu warna kuning garis hijau, kabel ini bisa Sobat Blogger temukan pada area ECU, bendik starter dekat accu Kendaraan ataupun bisa di tombol starter Kendaraan Honda Vario 150 FI. Dalam penyambungan kabel biru alarm V12 tidak perlu menambahkan relay karena kabel stater Kendaraan Honda Vario 150 FI ini sudah memakai arus positif.

5. Penyambungan Kabel Abu-abu dan Pink Alarm V12

Penyambungan kabel abu-abu atau kabel pink Alarm V12, kabel ini sama saja antara kabel abu-abu & pink keduanya berfungsi untuk Cut engine dan bermuatan negative.

Pilih Saja warna abu-abu, untuk kabel pink jangan dipakai, untuk penyambungan kabel ini pada kabel Kendaraan Honda Vario 150 FI diperlukan 1 buah relay dengan spesifikasi 12 volt DC mempunyai kontak NC, ditandai dengan adanya nomor kaki relay 85 86 30 87A dan 87.

Sobat Blogger bisa membelinya di bengkel Kendaraan atau bengkel mobil terdekat atau melalui situs toko online, dibawah ini adalah contoh pemasangan pada kabel Alarm V12 warna abu-abu dengan memanfaatkan cut engine yang dipasang pada kabel switch standar samping Kendaraan Honda Vario 150 FI.

Cara Pemasangan Relay 5kaki yaitu :

Cari kabel switch standar samping Kendaraan Honda Vario 150 FI, kabel ini berwarna hijau garis putih pada soket berwarna hijau, kabel ini bisa sobat blogger temukan di bawah bagasi samping kanan.

Kalau sobat ingin membuktikan apakah kabel itu kabel standar samping Honda Vario 150 FI, sobat blogger tinggal cabut soket tersebut ketika mesin menyala, ketika sobat blogger cabut pasti mesin akan mati.

Untuk pemasangan kabel standar samping Honda Vario 150 FI, silakan salasatu kabel switch standar samping dipotong lalu disambungkan pada kontak relay kaki no. 30 dan potongan satunya pada kaki relay no. 87A.

Jika penyambungan kabel switch standar samping sudah selesai tersambung pada kaki relay 30 dan 87A, selanjutnya penyambungan coil relay.

Sambungkan Coil relay Kaki No. 85 pada kabel merah Alarm V12 yang sudah tersambung pada kabel positif accu. Atau bisa juga pada terminal accu Positif, namun harus pakai pengaman skring agar aman.

Jika kaki relay no.85 sudah tersambung silakan melanjutkan penyambungakan coil relay no.86 pada kabel alarm V12 berwarna Abu-abu. Sampai disini penyambungan relay sudah selesai.

6. Penyambungan Kabel dua buah kabel Kuning Alarm V12

Selanjutnya adalah penyambungan kabel warna kuning, kabel warna kuning pada Alarm V12 berjumlah dua buah, kabel ini bermuatan positif.

Saran saya jangan sampai kabel ini Sobat Blogger sambungkan pada kabel negatif karena bisa menyebabkan sekring pada Accu Kendaraan Honda Vario 150 FI Sobat Blogger terputus.

Untuk penyambungan sendiri kabel ini bisa Sobat Blogger sambungkan pada kabel warna orange Alarm V12 yaitu kabel sein kanan Honda Vario 150 FI.

Letak soket lampu sein ada di depan atau belakang dekat lampu sein Honda Vario 150 FI.

Untuk penyambungan kabel kuning Alarm V12 satunya bisa Sobat Blogger sambungkan pada kabel sein kiri Honda Vario 150 FI yaitu warna biru muda atau agak abu-abu letak ada di depan atau di belakang yang dekat sama lampunya.

Pengujian Alarm V12 yang sudah terpasang pada Honda Vario 150 FI 


Tombol Lock Alarm V12

Tekan tombol LOCK , tombol ini berfungsi untuk mengunci atau mengaktifkan alarm ketika motor diparkir. Alarm akan berbunyi jika kunci dibobol atau disentuh. Tekan tombol UNLOCK untuk mematikan alarm.

Tombol Unlock Alarm V12

Tombol UNLOCK ,tombol ini befungsi untuk mematikan alarm ketika alarm berbunyi atau berfungsi mematikan mesin ketika mesin dihidupkan dari remote.

Tombol Sirine Alarm V12

Tombol SIRINE , tombol ini berfungsi untuk mencari di parkiran luar, alarm akan berbunyi dan sein kanan-kiri akan berkedip-kedip.

Tombol Peter Alarm V12

Tombol PETIR ,tombol ini berfungsi menghidupkan mesin dari remote, tekan 2 kali sampai mesin hidup. Dan untuk mematikan mesin tekan tombol UNLOCK 1kali.

Demikian Pembahasan tentang Cara Pasang Alarm Motor V12 pada Honda Vario 150 injeksi, semoga bermanfaat untuk sobatku semua.

Salam Hangat,
Admin exploreinhu.com

0 komentar

Posting Komentar