Cara Pasang alarm motor pada Beat Esp FI 2015

EXPLORE INHU - Jumpa lagi sobatku, kali ini admin akan membuat artikel tentang cara pasang alarm motor pada beat esp fi 2015.

Honda Beat ESP 2015 adalah kendaraan bermotor yang sangat disukai kalangan remaja Indonesia. Motor ini juga ramah lingkungan, enak dikendarai  apalagi di jalan aspal. Motor ini mempunyai sistem ESP jadi staternya sangat lembut sekali.

Saya juga pernah mempunyai motor seperti ini Namun sekarang sudah dijual, Jika Anda ingin kendaraan Lebih aman lagi, silakan Anda pasang pengaman yaitu alarm motor, alarm motor bervariasi bisa berupa sidik jari, bisa berupa sentuhan tangan, bisa juga memakai kode-kode dan yang paling utama ini adalah memakai remote seperti alarm remote pada mobil.

Cara Pasang alarm motor pada Beat Esp FI 2015


Motor Honda Beat ESP 2015 bisa kalian Pasang alarm jenis remote untuk alarm jenis remot sendiri banyak merek terutama mereknya yaitu alarm remote v12, alarm remote BHT, alarm remote vinyx, alarm remote panastar, alarm remote Mp, one way alarm remote MP Two Way, alarm remote x case, alarm remote x-ride ,alarm remote WM dan banyak lagi.

untuk harga sendiri alarm remot merk ini bervarian saya Sebutkan satu saja yaitu merk alarm remote Vinyx Injection khusus injeksi untuk tahun ini tahun 2020 bulan Juni seharga Rp175.000 harga bisa berubah sewaktu-waktu semakin lama maka semakin mahal.

Pasang alarm motor terdekat, Anda bisa masang alarm remote jenis ini di tempat Anda di tempat bengkel-bengkel terdekat, namun jika di tempat Anda tidak ada bengkel yang khusus pemasangan alarm motor Anda bisa memasangnya sendiri.

Anda bisa memasang alarm sendiri dengan menggunakan alat-alat sederhana seperti obeng kunci pas atau ring untuk membuka cover yang perlu saja dan jangan lupa untuk bahan-bahannya yaitu isolasi listrik solder dan timah gunakan solder untuk tiap sambungan agar penyambungan lebih sempurna dan tahan lama.

Setiap pembelian Alarm motor Anda selalu mendapatkan manual book yaitu berupa panduan pemasangan serta skema pemasangan alarm pada motor tertentu terkadang skema ini tidak cocok untuk motor-motor yang terbaru, kali ini jika Anda bingung menerapkan manual book bawaan alarm Anda bisa mengikuti panduan-panduan yang saya buat di bawah ini.

Yang pertama adalah silakan lepas kabel baterai motor Anda agar dalam penyambungan kabel alarm pada motor Anda aman.
Banyak kejadian dalam pemasangan alarm mengakibatkan fuse atau sekring motor putus dikarenakan short body

Yang kedua penyambungan alarm ke kabel motor sambungkan kabel alarm warna merah pada baterai positif (+) atau bisa juga Anda sambungkan pada kabel kunci kontak yang ada di soket yaitu warna merah strip hitam, silakan Anda menyambungkan kabel alarm warna merah ini pada kabel kunci kontak agar penyambungan baik, Anda gunakan solder, jika sudah di solder silakan diisolasi jika sudah kita akan lanjut langkah-langkah berikutnya.

Berikutnya adalah penyambungan kabel warna hitam, kabel warna hitam alarm ini adalah kabel negatif (-) kabel ini harus Anda sambungkan pada kabel negatif (-) motor Beat yaitu warna hijau strip hitam dan hijau polos, jika hanya Anda sambungkan pada salah satu kabel negatif motor ini, maka salah satu kelistrikan yaitu kelistrikan penerangan atau kelistrikan pompa injeksi salah satunya tidak berfungsi jika penyambungan sudah selesai silakan penyambungannya di solder agar baik setelah penyolderan selesai silakan diisolasi dan kita akan melanjutkan ke tahap berikutnya.

Langkah selanjutnya adalah penyambungan kabel orange kabel oranye alarm ini adalah kabel bermuatan positif berfungsi sebagai sensor kunci dibobol atau sebagai penyuplai tegangan 12 volt pada kunci kontak ketika anda melakukan start mesin melalui remote silakan kabel ini Anda sambungkan pada output kunci kontak yaitu warna hitam.

Kabel ini bisa Anda Temukan pada soket kunci kontak di bagian depan lakukan hal yang sama silakan tiap sambungan disolder dan diisolasi jika sudah selesai kita akan melanjutkan tahap berikutnya.

Tahapan berikutnya adalah penyambungan kabel warna biru alarm motor, kabel biru ini berfungsi sebagai starter, kabel ini sendiri bermuatan positif hanya 3 detik setelah anda melakukan starter pada remote, agar starter mesin Anda bisa dikendalikan dari remote silakan kabel warna biru alarm ini anda sambungkan pada starter motor Beat yaitu kabelnya berwarna kuning garis hijau.

Kabel ini bisa anda temukan pada kabel tombol starter pada motor atau bisa  ditemukan di kumpulan soket atau bisa juga dibandik starter, setelah penyambungan selesai lakukan penyolderan dan diisolasi Jika pekerjaan ini udah selesai kita lanjut ke langkah berikutnya.

Langkah selanjutnya adalah penyambungan kabel kuning alarm motor, kabel kuning pada alarm motor ini berjumlah dua kabel masing-masing bermuatan positif, kabel ini berfungsi untuk menyalakan lampu sein kanan dan kiri motor.

Ingat jangan salah penyambungan, kabel ini adalah kabel positif jika Anda sambung pada negatif maka akan terjadi Short sirkuit yang menyebabkan fuse atau sekring baterai motor putus, silakan sambungkan kabel kuning ini pada kabel sein kanan bisa posisi depan ataupun belakang pilih yang terdekat.

Silakan Anda sambungkan pada kabel warna abu-abu yaitu sein kiri, terus kabel kuning satunya bisa anda sambungkan pada sein kanan warna orange jika penyambungan sudah selesai anda bisa solder tiap penyambungan dan melakukan isolasi agar aman.

Untuk kabel warna pink alarm dalam penyambungan pada kendaraan ini tidak perlu di sambung biarkan saja.

Langkah berikutnya adalah penyambungan kabel warna abu-abu alarm, abu-abu alarm ini adalah kabel bermuatan negatif kabel ini berfungsi untuk Cut engine. Biasanya pada motor-motor karbulator kabel ini dipasang pada kabel pulser, namun karena kendaraan ini adalah motor injeksi maka tidak disarankan dipasang pada pulser, disini admin akan memandu Anda dalam merangkai relay tambahan untuk difungsikan sebagai Cut engine melalui kabel switch standar samping Honda Beat, Silakan Lihat Skema Relay yang saya buat dan pastikan relay yg sobatku pakai adalah relay yg benar.

Pegujian Alarm remote yang sudah terpasang.


Untuk pengujian silakan pasang kembali kabel baterai positif (+) motor Anda setelah pemasangan sudah selesai dan terisolasi dengan aman, silakan Anda tekan tombol remote kunci tutup untuk mengaktifkan alarm.

Lalu lakukan kunci ON pada motor maka alarm akan berbunyi, lalu coba juga Anda hidupkan motor secara manual dengan tombol starter motor, pastikan bahwa mesin tidak akan bisa hidup walaupun sebentar bisa hidup Namun karena alarm masih aktif maka mesin akan mati kembali. Untuk mematikan alarm silakan tekan remote gambar kunci terbuka.

Yang kedua adalah menguji sensor getar, silakan pencet lagi remote gambar kunci tertutup, lalu buat getaran pada motor Anda, yang akan menggerakkan sensor pada modul alarm,  jika modul alarm mendapat getaran maka alarm akan berbunyi lagi dan akan memproteksi mesin Anda, sehingga mesin tidak akan bisa hidup lagi, ingat untuk mengaktifkan Alarm jika alarm sudah menyala maka lampu kanan dan kiri akan menyala jika tidak menyala berarti penyambungan kabel kuning pada kabel sein kanan kiri motor Anda belum benar.

Langkah selanjutnya adalah pengujian tombol lonceng, tombol ini berfungsi untuk mencari kendaraan di parkiran luas seperti mall, pencet tombol gambar lonceng 1x maka alarm akan berbunyi dan lampu akan berkedip-kedip jika motor Anda sudah ditemukan, maka silakan untuk mematikan tekan tombol kunci buka pada remote .

Selanjutnya adalah pengetesan tombol gambar listrik, tombol ini berfungsi untuk starter jarak jauh mesin motor Anda dengan remote alarm, ingat standar harus diposisikan Tengah agar motor Anda tidak loncat ketika mesin menyala, tekan 2x tombol starter pada remote dengan cepat maka mesin akan menyala untuk mematikan lagi anda bisa tekan tombol buka 1x, untuk starter dari remote ini anda tidak perlu memakai kunci kontak.

Demikian Artikel tentang Cara Pasang alarm motor pada Beat Esp FI 2015 semoga bermanfaat, jika ada pertanyaan seputar pemasangan alarm pada motor silakan kontak admin atau bisa berkomentar dikolom komentar dibawah ini, Terimakasih

0 komentar

Posting Komentar