Air Terjun Tembulun Berasap Siambul

exploreinhu.com - Air Terjun Tembulun Berasap Siambul, Air Terjun Bukit Aseng atau Air Terjun Siambul. Saya bingung untuk menulis artikel tentang air terjun ini. Bagaimana tidak ? Pertama kali saya berkunjung, air terjun ini bernama Air Terjun Bukit Aseng. Nama ini sudah banyak dikenal orang. Kunjungan kedua sebelum bulan puasa 2017, saya bertemu dengan Kepala pengelola wisata ini, Bapak Rodang. Bincang-bincang, beliau berkata bahwa air terjun ini bukan Air Terjun Bukit Aseng, Ini adalah air terjun Siambul. Sementara Air terjun bukit aseng berada di tempat lain. Bincang lebih dalam lagi, air terjun ini akan diresmikan 10 hari sebelum hari raya idul fitri 2017. Done!

Air Terjun Tembulun Berasap Siambul


Tahukah kamu nama baru yang diresmikan untuk air terjun ini ?
Bukan Air Terjun Siambul, melainkan Air Terjun Tembulun Berasap. Damn!

Tembulun Berasap sudah banyak dikenal orang terletak di Desa Pejangki, Kecamatan Batang Cenaku dan tentunya memiliki pesona yang jauh berbeda dari air terjun ini. Lalu kenapa masih berani menggunakan nama yang sama? Berikut ini review untuk Air Terjun Tembulun Berasap Siambul.

Air Terjun Siambul

Air Terjun Tembulun Berasap Siambul terletak di Desa Siambul, Kecamatan Batang Gangsal. Terdapat berbagai fasilitas umum di dekat air terjun. Diantaranya Gazebo yang jumlahnya lebih dari 1, sangat cocok untuk bersantai menikmati keindahan air terjun ini (lebih tepatnya disebut tembulun). Juga terdapat tempat parkir kendaraan, dengan penjagaan oleh tim keamanan pastinya. Dan lagi, tersedia parkir mobil.

Air Terjun Tembulun Berasap Siambul

Betul sekali, mobil bisa masuk. Jika tidak hujan, Mobil seperti Avanza bisa masuk ke lokasi Wisata ini. Asyik bukan? Kamu bisa berkunjung dengan keluarga dan teman-teman dalam 1 kendaraan.

Untuk air terjunnya, terdapat 2 tingkat yang masing-masing memiliki 2 sisi. Maksudnya, dibawah ada air terjun dengan 2 pancuran bersebelahan, dan diatas juga ada air terjun dengan 2 pancuran. Tidak benar-benar terjun, tapi cukup memukau.

Air Terjun Bukit Aseng

Terakhir kali saya kesana, biaya parkir per motor adalah Rp5000,- dan biaya masuk per orang Rp5000. Jadi kalau 1 motor 2 orang, maka bayarnya Rp15.000,- . Untuk Mobil biaya parkir Rp25.000, Biaya masuk per orang N/A.

Mahal bukan?
Beda pesona dengan Tembulun Berasap Pejangki, tetapi memiliki nama yang sama dengan harga tiket lebih mahal. Kalau di Tembulun Berasap Pejangki, biaya masuk dihitung per motor, Rp5000,-. Jadi berapapun jumlah orang dalam 1 sepeda motor, bayarnya tetap Rp5000,-. Kalau untuk hari besar, saya belum tahu kabarnya. Perbedaan biaya masuk mungkin terjadi. Hal yang wajar.

Air Terjun Tembulun Berasap Siambul, Air Terjun Bukit Aseng atau Air Terjun Siambul

Anda berminat ?
Siambul, Kecamatan Batang Gangsal, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau 29371, Indonesia.

Update info Air Terjun Tembulun Berasap Siambul


Ada sebutan baru untuk wisata alam air terjun ini, yaitu Air Terjun Rindu Alam. Entah siapa yang memulainya, namun nama ini terdaftar di Google Maps. 

0 komentar

Posting Komentar