Air Terjun Denalo

exploreinhu.com - Air Terjun Denalo adalah salah satu objek wisata alam yang sangat menarik. Terletak di luar Kawasan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (sekitar 200 meter dari batas TNBT), Desa Alim, Kecamatan Batang Cenaku.

Air Terjun Denalo

Air Terjun Denalo mulai dikenal sejak tahun 2015, juga telah memakan korban jiwa (1 orang) pada awal tahun 2016.

Tidak jauh dari Denalo, terdapat 1 lokasi air terjun yang tak kalah menarik, yaitu Air Terjun Maras. Akses jalan yang melewati 1 gerbang (tiket/ karcis) membuat pengunjung selalu mengira bahwa Denalo dan Maras adalah Air Terjun yang sama dikarenakan jalan ke Maras tidak terlihat seperti jalan yang sering dilalui kendaraan. Keduanya hanya bisa ditempuh dengan kendaraan roda 2. Air Terjun Denalo lebih indah dikunjungi pada musim hujan.

Air terjun denalo dikelola oleh warga lokal yang memiliki ladang di perlintasan menuju wisata air terjun denalo. Kabar terakhir menyebutkan bahwa kepala desa setempat tidak tertarik untuk menjadikan Air Terjun Denalo sebagai objek wisata desa alim. Hingga kini admin belum mendengar kabar terbaru tentang peresmian wisata ini, meski sudah banyak wisatawan berkunjung bahkan berkemah.

Biaya yang harus disiapkan untuk berkunjung ataupun berkemah disini sangat terjangkau yaitu Rp10.000,- untuk biaya tiket masuk per motor dan Rp5.000,- untuk biaya parkir per motor (jika ada). Benar sekali, tidak ada biaya tambahan meski kamu berkemah disini. Hanya saja pengurus tidak menanggung mau resiko kehilangan kendaraan jika berkemah.

Kondisi Denalo saat ini (Januari 2017) sangat miris. Banyak sampah an-organik berserak dimana-mana. Diharapkan kepada seluruh pengunjung agar tidak membuang sampah sembarangan, meski itu sekecil putung rokok. Jangan mengeluh karena tidak ada tempat sampah. Pengunjung harusnya sadar dan peduli terhadap kebersihan dan keseimbangan alam.

Saran : Bawa plastik atau kantong sampah untuk sampah pribadi. Jika tidak ingin membawanya keluar, ikat kuat dan letakan di lokasi parkir sepeda motor.

0 komentar

Posting Komentar