Jembatan Trio Amanah Indragiri

Jembatan Trio Amanah Indragiri by Rifky Dn




Explore INHU - Jembatan Gantung yang ada di Rengat, Indragiri hulu Riau menjadi salah satu tempat yang asik untuk sekedar menikmati pancaroma keindahan sungai dan kota saat matahari tenggelam. Jembatan Gantung ini diresmikan oleh Bupati Inhu, Yopi Arianto pada bulan April tahun 2011 tepatnya hari Minggu (10/4/11) dan jembatan ini diberi nama Trio Amanah Indragiri.

Jembatan yang juga dikenal dengan nama Jembatan Gantung adalah jembatan yang menghubungkan kampong seberang Rengat dengan kota Rengat. Pembuatan Jembatan Gantung juga melalui proses yang cukup panjang sehingga baru diresmikan pada tahun 2011. Mulai pembangunan Jembatan Gantung ialah pada tahun 2002 namun karena keterbatasan dana maka jembatan ini hanya berbentuk jembatan gantung dan pada tahun 2003 jembatan mulai bisa dinikmati masyarakat yang ada di daerah terisolir kota Rengat.
Jembatan Trio Amanah Indragiri adalah jembatan kebanggaan mayarakat Inhu. Panjang jembatan sekitar 170 meter. Kehadiran jembatan disambut bahagia oleh masyaraat setempat, karena biasanya masyarakat sangat ketergantungan pada arus deras sungai Indragiri. Namun kini kehadiran jembatan membebaskan masyarakat desa-desa yang ada di sekitar kota Rengat dari ketergantungan tersebut. Biasaya masyarakat untuk mendapatkan kebutuhan pokok dan keperluan lain di Rengat warga harus menyeberangi sungai terlebih dahulu.

Nama Jembatan Gantung yang diresmikan ialah Trio Amanah Indragiri. Trio yang berarti tiga, amanah yang berarti sesuatu yang dititipkan atau dipercayakan kepada orang lain. Yang mana ketika diberi amanah maka jangan diingkari. Sedangkan kata Indragiri diambil dari nama sungai yang membelah kota Rengat dan juga sebutan untuk daerah Rengat, yaitu Indragiri Hulu.

Trio Amanah Indragiri berarti tiga pemegang amanah guna terwujudnya pembangunan jembatan menuju Indragiri sejahtera. Dan nama jembatan ini ditetapkan dengan surat keputusan Bupati Indragiri Hulu Nomor. 122 tahun 2011 tanggal 6 April 2011. *( LancangKuning.com )


0 komentar

Posting Komentar